Monday, December 10, 2012

PEZ - The Cute Candy


Halooo. Sekarang, antiquitempo bakal bahas salah satu permen favorit di masa lalu nih, namanya PEZ. Namanya diambil dari kata peppermint dalam bahasa Jerman (Pfefferminz). Permen ini sempet ngetren di kalangan anak 90an berkat beragamnya dispenser yang menjadi wadah dari permen tersebut. Dispenser ini sendiri merupakan wadah ikonik dari permen PEZ. Di awal produksinya, bentuk dispenser ini semacam pemantik api. Sudah lewat 80 tahun setelah PEZ pertama kali dilaunching oleh oom Eduard Haas III, namun pesonanya tetap ada di seluruh dunia (didistribusikan di lebih dari 80 negara). Dispensernya benar-benar menjadi item kolektor, bahkan dispenser PEZ ini pulalah yang mendorong Pierre Omidyar dan istrinya membuat sebuah portal online untuk bertukar dispenser. Kelak di tahun 1995, portal ini berubah menjadi eBay.
Di Indonesia sendiri, permen ini pernah ngehits di tahun 1990an. Berbagai macam karakter dispenser dari Tom and Jerry, Star Wars, Disney, sampai Hello Kitty dijual di toko-toko. Sebagai anak kecil, wajarlah kalau dulu kita sangat tertarik beli dan mengoleksi dispenser unyu ini. Permennya sendiri cukup enak, ada rasa strawberry dan jeruk yang penulis ingat. Yah sayangnya, seiring waktu berjalan, koleksi penulis sudah hilang entah kemana. Dulu, sempet dijual juga kostum untuk mendandani para dispenser ini. Jadi ga cuma berdiri hampa dengan kepala besar. Ada baju zirah, rok, dan sepatu untuk mempercantik wadah permen ini. Dispenser PEZ ini juga ada museumnya lho, kunjungi aja http://www.burlingamepezmuseum.com/.

Kemasan permen PEZ
Permen PEZ, nantinya permen ini dimasukkan ke dalam dispenser. Bentuk permennya mirip batu bata mini, tapi warna putih :p
Saat ini, permen PEZ masih bisa ditemui di toko-toko seperti Food Hall, Hypermart, Alfamart dll. Untuk yang ingin nostalgia, ga ada salahnya beli satu-dua biji. Kalau jadi ketagihan koleksi...penulis nggak nanggung :))

Sumber: 1 | 2

1 comments:

Aku belom pernah makan permen ini, gak boleh makan permen sama ibu. :( Tapi terhibur banget karena bisa tau infonya dari blog ini. The blog is good yet ispiring! Keep it, Arizona! :))

Post a Comment