Saturday, December 1, 2012

SEGA Genesis - Hard but Sweet



Sebelum anak-anak sekarang main PSP, NDS, games di iPadnya, atau apalah, dulu main games musti duduk manis di depan TV. Dari jaman Super Nintendo dengan Mario-nya sampai X-Box seperti sekarang ini. Ada yang inget Sega? Entah itu Sega Dreamcast atau Megadrive (di Amrik nyebutnya Genesis). Kalau nggak inget, inget Sonic ga? Sonic ini yang jadi trademarknya Sega waktu dulu-dulu. Kenapa di judul dibilang "Hard but Sweet"? Iyalah, orang games gak bisa disave. Kalah yang berarti ngulang dari awal. Tapi, serius Sega ini bikin kangen kalau udah umur segini. Nah, sekarang coba dibahas tentang Sega dan Sonicnya ya.

Dulu, waktu mau ngegame, musti numpang dulu ke rumah temen buat bareng-bareng mainin Spica (mirip Nintendo), dari jaman TK sampe kelas 5 SD. Pas mau lulus SD, baru deh dibeliin konsol sendiri. Kebetulan, Sega Megadrive ini yang dapet kesempatan buat dijajal pertama kali - padahal waktu itu temen-temen yang lain udah pada punya Play Station *curhat :|. Dirilis pertama kali di Jepang tahun 1988, Indonesia dan yang lain baru kebagian rilis di tahun 1990 - penulis baru punya sekitar tahun 2000an *curhat lagi. Dari info di wikipedia sih, konsol ini udah kejual sampe 40,8 juta unit. Jangan dibandingin ama PS, jaman dulu mah angka segini udah wow, mengingat kompetitor Sega waktu itu Nintendo. Masih inget banget ini, games yang paling sering dimainin ya Sonic, Bare Knuckles, Flinstones, Michael Jackson, ama Donald Duck. Ada yang inget games lain? Meski konsol Sega termasuk murah, tapi nggak dengan gamesnya. Bentuknya yang mirip-mirip disket ini (sebutannya cartridge) harganya bisa lebih mahal, apalagi kalau 1 kaset isinya banyak games.

Sonic the Hedgehog jadi ikon Sega di tahun 90an yang sukses itu. Mainin petualangan Sonic, bareng Tails ataupun Knuckles, untuk melawan Dr. Robotnik jadi kegiatan seru tiap akhir minggu. Banyak orang berhasil namatin, tapi penulis belum pernah namatin padahal sering pake cheat :|. Games ini intinya cerita, Sonic berusaha ambil Chaos Emerald dari Robotnik sebelum si dokter gila ini menyalahgunakan kekuatan emerald tersebut. Knuckles yang sebelumnya musuhan ama si Sonic nih, akhirnya ikut ngebantu Sonic setelah merasa dikhianatin ama Robotnik. Ada banyak versi game dari Sonic untuk macem-macem konsol, tapi yang paling penulis suka sih ya ini: Sonic and Knuckles.

Games Sega yang lain juga ga kalah keren, ambil contoh Bare Knuckles: petualangan nelusurin kota buat ngadepin kelompok mafia yang kuat. Ada lagi Top Gear, games balapan seru sebelum muncul yang namanya Gran Turismo. Mungkin agak susah kalau mau nyari konsol gamesnya saat ini ya - punya penulis dikasihkan gitu aja ke orang pas SMA :'(, jadi cara paling gampang buat mengenang lagi ya main aja emulatornya. Nih dikasih link buat donlod emulator konsol plus gamesnya. Happy gaming, guys! :)

Download Emulator Sega Genesis: link
Download Roms Sega Genesis: link

Sumber: 1 | 2 | 3

0 comments:

Post a Comment