Sunday, January 20, 2013

Gol! Gol! Gol! Gol! Winning Eleven!



Selamat tahun baruuuu! Semoga di tahun 2013 ini kita semua mendapat berkah dan lebih menikmati hidup. :)

Lama tak jumpa, penulis akhirnya bisa ngeblog lagi setelah kelar urusan kerjaan :D. Kali ini yang dibahas adalah game fenomenal menjelang akhir 1990 dan masih juga dimainkan hingga saat ini! Terlepas beberapa dari kalian mungkin beralih ke FIFA :p.
Yap, game ini: Winning Eleven! Ada yang belum pernah main? Kalau ada yang bilang belum, tapi pernah mainin game macam Liga Bank Mandiri gitu, yaaa itu termasuk Winning Eleven juga kok. Varian "tidak resmi" yang cuma beredar di Indonesia. Hahaha
 
Winning Elemen versi Liga Indonesia
 Game ini pertama kali dirilis di tahun 1995 di Jepang. Ditujukan untuk konsol PlayStation yang baru rilis, game ini mengangkat J-League (Liga Jepang) sebagai permainan utama di Winning Eleven. Untuk World Soccernya sendiri baru rilis setahun kemudian, dengan nama World Soccer Winning Eleven. Game yang dibuat berdasarkan arahan dari Shingo "Seabass" Takatsuka ini segera saja mendunia.

Ada banyak mode yang bisa dimainkan di Winning Eleven. Tapi yang sering dimainin sih berkisar Cup ama Master League aja. Temen-temen jaman SD sering banget bolos cuma buat mainin game ini di rental. Hahaha. Seperti yang kita tahu, di Master League ini kita bisa jual beli pemain, mainin klub di kompetisi cup dan liga, dan semua bisa kita mulai dari nol! Bener-bener perjuangan. Sensasi ini yang bikin nagih, belum lagi gameplay dan grafis yang saat itu jauh lebih menarik dari FIFA. Ada juga fitur Edit Player yang bisa kita pake kalau mau bikin pemain dengan skill 99 atau full di setiap spek. Pemain editan ini nantinya bisa kita gunain juga di Master League. Adanya fitur Konami Cup juga bikin acara kumpul-kumpul lebih rame. Kita bisa bikin liga atau kompetisi piala sendiri yang jumlah pemainnya menyesuaikan. Tentunya ada rasa bangga sendiri dong kalau menang... :))

Beberapa cover asli Game Winning Eleven dan screenshot tendangan legendaris Roberto Carlos!

Game buatan Konami ini masih berlanjut hingga sekarang dengan gameplay dan grafis yang lebih bagus tentunya, yaitu Pro Evolution Soccer 2013. Dibandingkan tendangan bebas yang diambil Cristiano Ronaldo saat ini di PES2013, mungkin ada yang masih rindu tendangan geledek Roberto Carlos di WE?



Dulu sering banget ada kompetisi Winning Eleven di daerah-daerah yang diadain ama rental-rental PlayStation lokal. Laris banget waktu itu. Sekarang, di tiap rumah hampir semua punya konsol game sendiri. Ada yang pernah jadi juara turnamen kah? Monggo dishare di sini kalau ada cerita.. :)

Kembali ke sejarah WE, game ini dirilis dengan nama Pro Evolution Soccer di luar Asia. Setelah pamor Play Station meredup, WE5 mulai dirilis di konsol Play Station 2 pada tahun 2001. Saat ini, game Winning Eleven atau PES dapat dimainkan di seluruh platform game, dari handheld macam PSP sampai PC. Nah, yang masih kangen dengan atmosfer Winning Eleven di PlayStation One (terutama teriakan berulang-ulang "GOL GOL GOL GOL GOL GOL GOL" dari komentatornya), silahkan download ROMnya di link di bawah ini. Enjoy the game, lads. :)

Download ROM Winning Eleven 2000: link

Sumber: 1 | 2

0 comments:

Post a Comment